Cara Merawat Laptop

Cara merawat laptop
Laptop sudah bukan menjadi barang asing lagi bagi sobat semua. Dari mulai mahasiswa, karyawan, pokoknya hampir semua kalangan sudah terbiasa menggunakan perangkat ini.

Tapi seringkali perilaku dalam pemakaian notebook sehari-hari bisa menimbulkan permasalahan yang pada akhirnya merugikan pengguna notebook tersebut.

Permasalahan itu bisa berupa keyboard error, LCD rusak, hingga chipset yang rusak. Kalau sudah begini, lebih baik mencegah daripada terlanjur rusak, kan?

Berikut ini beberapa tips pemakaian notebook:
  • Untuk notebook baru, lakukan charging minimal selama kira-kira 6 jam untuk memastikan baterai terisi penuh dan siap beroperasi.
  • Jangan meletakkan notebook pada permukaan yang empuk (sofa, kasur, tumpukan pakaian, dll). Benda yang empuk cenderung untuk sulit membuang panas. Panas dari notebook yang diterima oleh benda empuk tadi akan terus tersimpan, sehingga otomatis notebook yang diletakkan di atasnya juga semakin lama semaik panas. Jika kondisi ini dibiarkan (misalnya notebook ditinggal pergi, ditaruh di atas kasur), maka bukan tidak mungkin chipset pada notebook menjadi rusak, dan harus ganti part yang tidak murah. Jadi letakkanlah notebook di meja kayu / kaca, atau di tempat dengan permukaan yang keras.
  • Hati-hati jika menggunakan notebook di dekat minuman. Kasus yang sering terjadi adalah notebook terciprat atau ketumpahan minuman. Pada kondisi seprti ini, bagian paling rentan adalah Keyboard. Jalur elektronik pada keyboard notebook dapat terputus karena cairan, sehingga bisa jadi beberapa tombol tidak dapat berfungsi jika keyboard terkena cairan. Penggantian keyboard bisa memakan biaya antara 200 ribu hingga 1 juta rupiah. Jadi sebaiknya letakkan minuman pada jarak yang aman, sehingga memperkecil resiko tersebut tadi.
  • Jangan meletakkan benda-benda di atas notebook, terutama saat LCD notebook dalam keadaan terbuka. Ini beresiko jika kita lupa bahwa ada benda di antara keyboard dan LCD, lalu tia-tiba LCD kita tutup, maka benda tersebut bisa mengganjal dan bisa menimbulkan kerusakan fisik pada LCD atau bagian lainnya.
  • Jagalah kebersihan notebook, terutama dari kotoran-kotoran kecil (misalnya butiran beras/nasi). Sebutir beras jika terselip di sela-sela tombol keyboard dapat mengganggu pengoperasian notebook, karena tombol tersebut akan terus-menerus aktif.
  • Debu yang menempel pada bagian dalam notebook (heatsink, fan, body, ventilasi) dapat mengganggu pembuangan panas dari notebook. Tidak terbuangnya panas ini bisa menimbulkan efek tidak optimalnya kinerja notebook, misalnya gerakan gambar patah-patah saat menjalankan game 3D, notebook mati mendadak, dll. Manfaatkanlah jasa maintenance (perawatan) notebook dari penyedia layanan Service Notebook untuk membersihkan notebook dari debu dan kotoran yang mengganggu.
  • Usahakan untuk mengupdate AntiVirus secara teratur. Anda dapat menggunakan jasa layanan update AntiVirus ke Layanan Service Notebook.

Demikian beberapa tips cara merawat laptop dan menggunakan notebook, semoga bermanfaat 
Cara merawat laptop hp.

2 Responses to "Cara Merawat Laptop"