CARA BTL POWER AMPLIFIER RUMAHAN

Tujuan membtl power amplifier tidak lain adalah untuk menambah daya watt power amplifier agar lebih besar. Dengan biaya minim cara btl power amplifier terbilang sangat mudah dan ringan dari segi biaya. Bagaimana tertarik untuk membtl power amplifier anda? Jika ya, simak lebih lanjut.

Banyak cara orang untuk memperbesar daya power amplifier dari mulai menambah jumlah transistor final, mengganti tipe tr final, memperbesar trafo dan tegangan, dan mencoba berbagai macam rangkaian power amplifier dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kemudian munculah ide untuk mem-btl power amplifier yang katanya bisa menambah daya watt power amplifier, apakah benar seperti itu? jawabannya silahkan dicoba sendiri.

Saya dulu mengenal power btl dari mencoba membuat rangkaian power amplifier TDA2030 pada saat sekolah dulu. Ada dua versi rangkaian power TDA2030 pada saat itu yaitu versi biasa dan versi btl. Tapi pada saat itu saya tidak mengetahui apa perbedaan dan kelebihan dari rangkaian btl pada power amplifier ini? Sampai saya membuat percobaan kecil-kecilan untuk membedakan dengan membuat dua rangkaian power TDA2030 versi biasa dan TDA2030 versi btl, bagaimana hasilnya? Lanjut.

Percobaan pertama menggunakan rangkaian power versi biasa, dengan setingan volume hampir penuh, suara yang dihasilkan sudah terdengar pecah. Kemudiaan percobaan kedua menggunakan rangkaian versi btl, dengan setingan volume yang sama, suara yang dihasilkan lebih bulat tidak pecah. Dari hasil percobaan tadi saya menyimpulkan bahwa power btl lebih mempunyai daya lebih besar dari power biasa tanpa btl. Cara btl-nya pun cukup mudah, tanpa penambahan rangkaian, hanya penambahan beberapa resistor pada rangkaian power pun sudah bisa di btl.

Kemudian muncul ide bagaimana jika power amplifier yang di btl pada dasarnya sudah mempunyai daya yang besar misal power ocl 150 watt, kemudian di btl, apakah juga akan menghasilkan daya yang lebih besar pula seperti pada percobaan saya tadi diatas? menurut saya jawabannya adalah ya, bisa menambah daya lebih besar dari versi power biasa. Tapi kabarnya power btl sangat rawan membuat spul speaker cepat rusak atau jebol. Mungkin daya yang dihasilkan power btl terlampau besar dan tidak diimbangi dengan beban speaker yang memadai, sehingga terjadi over daya pada speaker yang menyebabkan spul cepat panas kemudian terbakar.

Mari kita lanjut bagaimana cara mem-btlnya. Ada beberapa metode atau cara mem-btl power amplifier. Dari cara yang paling sederhana dan ada juga yang menggunakan tambahan rangkaian btl. Tujuan penambahan rangkaian btl ini adalah untuk membalik fasa suara 180 derajat yang kemudian diumpankan pada dua power amplifier mono atau satu power amplifier stereo. Yang mana power Left mendapat sinyal fasa positif, kemudian power Right mendapat sinyal fasa negatif. Output speaker pada rangkaian power btl tidak menggunakan GND atau ground. Kenapa tidak menggunakan ground? Karena sudah digantikan dengan out fasa negatif dari power amplifier satunya yang diberi input dengan fasa negatif. Sehingga output speaker adalah dari output speaker kedua power amplifier. Yang mana power Left adalah output positif dan power Right adalah output negatif. Semoga disini anda sudah paham.

Supaya lebih paham, berikut adalah gambar bagaimana sistem dua power di btl.
Dari gambaran rangkain diatas dapat disimpulkan bahwa untuk mem-btl power amplifier hanya dibutuhkan R-BTL dengan nilai 33K yang diambilkan dari output speaker power atas, kemudian diumpankan munuju inverting input power bawah untuk menghasilkan output fasa negatif. Sehingga jika di aplikasikan pada rangkaian ocl 150 watt hasilnya seperti dibawah ini.
Gambar diatas adalah gambaran bagian penguat input saja untuk memudahkan penjelasan. Gambar diatas terlihat R-BTL 33K sudah dirangkai seperti pada gambar sebelumnya. Output power atas masuk R-BTL 33K kemudian diumpankan menuju jalur inverting input power bawah untuk menghasilkan fasa negatif dan input power bawah di groundkan. Berikut adalah gambar aplikasi pada pcb ocl 150W yang diberi R-BTL.
Cara diatas adalah cara paling sederhana untuk mem-btl power amplifier. Ada juga cara mem-btl power amplifier dengan penambahan rangkaian pembalik fasa. Perbedaannya jika anda menggunakan rangkaian pembalik fasa, maka power amplifier tidak perlu di rubah atau dimodifikasi menggunakan R-BTL, karena sudah ada rangkaian pembalik fasanya. Sehingga tinggal pasang output fasa positif dan output fasa negatifnya pada kedua input power amplifier. Berikut beberapa rangkaian btl pembalik fasa. Ada dua rangkaian btl pembalik fasa yang bisa dicoba, menggunakan ic dan transistor.
Rangkaian btl pembalik fasa menggunakan ic op-amp.
Gambar diatas adalah rangkaian btl pembalik fasa menggunakan ic op-amp. Tipe ic Op-amp LF353 bisa anda ganti dengan ic op-amp 4558 atau TL072 yang banyak dipasaran. Cara memasangnya tinggal membuatkan supply tegangan simetris 15V-CT-15V untuk rangkaian ini, bisa anda ambilkan dari output extra pada trafo atau dengan trafo sendiri atau dengan penambahan ic regulator 7815 dan 7915 yang disatukan dengan tegangan power amplifiernya. Kemudian output positif masuk ke input power Left dan output negatif masuk input power Right. Output speaker menggunakan output dari kedua output power amplifier. Output power Left adalah output speaker positif dan output power Right adalah output speaker negatif. Tanpa ada settingan yang lain rangkain ini bisa langsung bisa digunakan. 
Rangkaian btl pembalik fasa menggunakan transistor.
Gambar kedua diatas adalah rangkaian btl pembalik fasa menggunakan transistor. Kelihatan sederhana memang, tapi dibutuhkan penyetingan awal dulu sebelum dipasang pada rangkaian power amplifier. Kenapa harus ada penyetingan awal? Gunanya adalah mencari titik balik fasa yang paling optmal mendekati 0, meskipun agak susah minimal sudah mendekati itu sudah baik. Pada rangkaian ada sebuah VR yang berfungsi untuk menyetel fasa kedua output. Bagaimana cara menyetel VR tersebut?
Cara setting trimpot VR pada rangkaian diatas adalah sebagai berikut.
  1. Jadikan satu, resistor output 4K7.
  2. Umpankan gabungan output kedua resistor tersebut ke input power amplifier non BTL.
  3. Setting trimpot VRnya hingga suara paling pelan pada speaker (nyaris tak terdengar), jika masih ada suara yang cukup keras, berarti pembalikan fase belum 180 derajat dan itu berarti belum berhasil.
  4. Jika sudah didapat suara terpelan pada speaker berarti sudah selesai. Siap diumpankan pada dua driver PA non BTL. 
  5. Untuk tegangan supply bisa anda ambilkan dari positif power amplifier.

Perlu diperhatikan dalam pemasangan power BTL ini harus hati-hati. Karena jika ada kesalahan bisa menyebabkan spul speaker anda terbakar atau rusak/jebol. Sebenarnya anda tidak usah takut merakit power BTL, asalkan anda pahami dulu maksud dan tujuan anda mem-btl power amplifier anda untuk apa? Jika dengan kondisi daya watt power amplifier biasa sudah mampu, mengapa harus di btl? Kecuali memang dibutuhkan daya yang extra besar untuk mendrive speaker besar misal 18 inch keatas dengan daya speaker yang juga besar, maka sistem btl ini bisa digunakan untuk membuat power amplifier dengan biaya murah. 
Sistem power BTL sebenarnya juga sudah banyak digunakan pada power mobil. Yang mana BTL digunakan pada power amplifier mobil dengan tegangan terbatas 12VDC. Jadi, supaya bisa menghasilkan daya lebih besar, maka dibuatlah sistem BTL

0 Response to "CARA BTL POWER AMPLIFIER RUMAHAN"

Post a Comment