SANKEN ASLI DAN PALSU

Karena banyaknya minat dengan transistor jenis tr sanken ini, maka banyak pula yang membuat duplikat palsunya di pasaran, yang membuat kita harus lebih jeli dalam memilih transistor jenis sanken ini. Kalau tidak, maka bisa jadi transistor sanken yang kita beli adalah palsu. Tentu kita tidak ingin mengalami hal ini kan? Karena selain rugi dari segi biaya, juga rugi dari segi hasilnya, jika kita pasang sebagai tr final power amplifier. Yang tentu saja hasilnya tidak sebagus dengan tr sanken asli. Maka dari itu, jangan mudah tergiur dengan harga murah, karena kita patut curiga, jangan-jangan tr ini palsu?
Kalau kebutuhan tr sanken ini digunakan untuk rumahan sih gak masalah. Tapi jika sudah di aplikasikan untuk power besar, maka bisa jadi hal yang sangat fatal. Kebanyakan power daya besar menggunakan supply tegangan diatas 32v. Jenis tr sanken palsu jelas tidak akan mampu bermain dengan tegangan supply diatas 32v, maka hal ini perlu perhatian khusus, agar tidak salah beli tr sanken palsu. Sebenarnya gampang untuk membedakan mana tr sanken asli dan palsu. dari segi harga jelas tr sanken palsu lebih murah, bahkan sampai separuh harga. Masalahnya selesai jika memang penjual tokonya jujur, memberikan mana barang yang asli dan palsu? Masalah terjadi jika kita membeli hanya satu jenis tr sanken yang baik, tapi oleh penjual diberikan tr sanken palsu. Jika kita tidak hati-hati mengetahui tr sanken asli, maka bisa jadi kita membeli tr sanken palsu dengan harga tr sanken asli. Agar tidak terjadi kejadian seperti diatas, berikut perbedaan fisik tr sanken asli dan palsu.
Pertama kila lihat dulu dari sisi depan tr sanken, ada tulisan tipe sanken dan nomer lot produksi. Nanti dapat kita lihat perbedaannya, mulai dari ketebalan teks dan posisi tulisannya.
 electro2525.blogspot.co.id
Posisi tulisan nomer lot produksi berbeda. Pada tr sanken palsu, nomor lot produksi ada di posisi sebelah kanan atau kiri dan tidak pas ditengah. Pada tr sanken asli, tulisan lot ada tepat di tengah-tengah sejajar dengan tulisan tipe sanken.
Ketebalan teks tulisan pada tr sanken berbeda. Pada tr sanken palsu terlihat tulisan teks lebih tipis dan kurang bagus hasil cetakannya. Pada tr sanken asli tulisan terlihat lebih tebal dan cetakan teks tulisannya bagus.
cara mengukur transistor sanken
Kemudian kita lihat perbedaan dari sisi belakang bodi transistor. Pada tr sanken asli bodi belakang transistor terlihat lebih buram. Pada tr sanken palsu akan terlihat lebih mengkilap bodi belakangnya.
transistor sanken 2sa1216 dan 2sc2922
Jika kita ingin lebih detail, maka kita bisa melihat dalamnya dari tr sanken ini. Untuk cara ini harus kita pecah bodi dari tr sanken tersebut, agar terlihat plat transistornya. Pada tr sanken palsu, plat besinya lebih kecil. Pada tr sanken asli, plat besinya lebih besar. Tapi yang jelas tidak mungkin kita melakukan ini, karena tr tidak akan dapat dipakai kembali, karena konsisi tr pasti sudah rusak, karena sudah dipecah bodinya. Berikut dibawah ini contoh gambar tr sanken asli yang jelas, buat referensi, agar tidak salah beli lagi.

transistor sanken 2sa1216 dan 2sc2922
Semoga dengan mengetahui perbedaan tr sanken asli dan palsu ini, kita dapat mengetahui tr sanken yang asli. Dan jika kita dikasih sama penjual toko dengan model tr sanken yang palsu, maka kita dapat mengkomplainnya dan menjelaskan dengan jelas letak perbedaannya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "SANKEN ASLI DAN PALSU"

Post a Comment