CARA SERVIS RAKET NYAMUK YANG SERING RUSAK

Sering mengeluh raket nyamuk rusak. Beli baru sebentar rusak lagi. Karena harganya murah jarang kita untuk memperbaikinya. Banyak yang memilih beli baru ketimbang untuk diperbaiki. Ada juga yang tidak mau beli lagi karena gampang rusak.

Lampu indikator nyala tapi tegangan tinggi di raket keluar lemah tidak seperti biasanya. Cek baterai pakai avometer keluar tegangan 3,7V. Saya pikir normal karena tertulis 3,7V di bungkusnya. Tapi kenapa tegangan tinggi di raket kok lemah? Saya curiga baterainya drop. Tapi sebelum saya ganti baterainya, saya cek rangkaian chargernya dulu.

Perlu diketahui rangkaian chargernya ini tidak pakai trafo. Hanya menggunakan kapasitor milar 474/250v paralel dengan resistor 1M. Kemudian diseri dengan diode in4007 4biji sebagai penyearah. Coba saya lepas kapasitor milar ini. Saya cek pakai kapasitor meter terlihat nilainya sudah turun jadi 0,43nf yang seharusnya 474nf. Jelas kapasitor ini rusak.

Langsung saya ganti milar baru dengan nilai yang sama 474/250v. Boleh dengan volt yang lebih besar tidak apa-apa 474/350v atau 474/450v. Jika kesulitan mencari nilai yang sama. Setelah kapasitor saya ganti. Saya charge dulu satu hari penuh biar full tegangannya. Baru bisa dicoba.

Kerusakan juga sering terjadi pada tombol switch nya. Jadi sekalian ganti saja tombol switch dengan yang baru. Jika penggantian kapasitor milar dan switch masih drop. Bisa dipastikan baterai rusak atau sudah drop. Silahkan ganti baru sesuaikan bentuk dan besar baterainya. Tegangan baterai biasanya 4V.

Untuk nilai kapasitor milar setiap raket nyamuk memang ada yang berbeda. Jadi sesuaikan saja nilai kapasitor milar sesuai raket yang anda perbaiki. Jika kesulitan mencari nilai yang sama. Bisa diberi nilai diatas  atau dibawahnya sedikit asalkan tidak terlalu jauh.

1 Response to "CARA SERVIS RAKET NYAMUK YANG SERING RUSAK "