CARA MEMBUAT RANGKAIAN SOFT START POWER AMPLIFIER

Ada banyak model rangkaian soft start, tapi tidak semudah rangkaian dibawah ini, yang hanya menggunakan beberapa komponen saja dan satu relay. Relay berfungsi sebagai pemutus dan penyambung arus baypass dan tertahan pada supply primer trafo. Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah menahan tegangan supply 220v selama beberapa detik menggunakan resistor, sebelum terkonek baypass langsung oleh kontak relay menuju primer trafo. Kenapa tegangan 220v menuju primer harus ditahan? Agar beban trafo tidak langsung penuh pada saat power dihidupkan. Karena pada saat awal menghidupkan awal power amplifier, maka elco supply akan mulai terisi dari posisi nol. Proses inilah yang sering menyebabkan listrik anjlok.

Rangkaian sudah saya tambahkan diode zener 24v untuk membatasi tegangan 24v yang menuju elco dan relay. Agar tidak terjadi over voltage yang dapat menyebabkan meletusmya elco dan rusaknya lilitan relay. Rangkaian ini jelas beda dengan rangkaian speaker protektor, karena yang diproses adalah tegangan supply trafo, kalau speaker protektor, yang diproses adalah out speaker power. Nah, sudah tahu kan perbedaannya? Lanjut.

Berikut adalah gambar rangkaian soft start power amplifier.


Prinsip kerja rangkaian ini adalah sama dengan rangkaian tunda atau delay, karena menunda terisinya elco 2200uf/50v, sebelum akhirnya didapat tegangan 24v penuh yang menghidupkan relay. Setelah relay hidup, maka sekaligus merubah posisi kontak dari relay, dari posisi tertahan dengan Resistor menjadi baypass. Dan akhirnya trafo dapat berkerja maksimal, sesuai tegangan dengan cara ini, maka listrik dirumah tidak anjlok lagi, setelah power amplifier di power ON. Semoga bermanfaat.

0 Response to "CARA MEMBUAT RANGKAIAN SOFT START POWER AMPLIFIER"

Post a Comment