CARA MEMPERBAIKI LAMPU EMERGENCY


Lampu emergency / lampu charge adalah lampu penerangan darurat yang digunakan pada saat tegangan listrik PLN padam. Pengoperasiannya bisa manual atau otomatis. Jika dioperasikan manual. Lampu tidak akan menyala meskipun listrik padam sebelum saklar di ON-kan terlebih dahulu. Jika dioperasikan otomatis. Lampu akan menyala secara otomatis bila listrik padam. Syarat saklar harus posisi ON dan dalam kondisi charge.lampu emergency yang bagus

Lampu charge yang saya bahas adalah jenis neon yang ada rangkaian inverternya. Untuk kerusakan lampu jenis lain yang menggunakan LED atau bohlam akan lebih mudah. Karena tidak menggunakan rangkaian inverter. Kerusakan yang sering terjadi biasanya pada baterai drop atau rusak dan lampu neon putus. lampu led senter

Tanda jika baterai drop adalah setelah diisi lampu menyala hanya sebentar. Kadang tidak menyala sama sekali. Solusi ganti baterai baru. Sesuaikan tegangan yang digunakan 6Vatau 12V.

Tanda jika lampu putus atau rusak adalah lampu tidak menyala sama sekali. Kadang menyala tapi redup dan terlihat gosong pada tepi neon. Solusi ganti dengan neon baru. Jika menggunakan jenis neon 10 watt besar? Bisa pakai neon 10W/ 220V yang biasa dipakai untuk tegangan listrik PLN. Jika menggunakan neon kecil. Ganti dengan neon kecil yang sejenis.

Bagaimana jika setelah penggantian baterai baru dan lampu neon, lampu emergency tetap tidak mau hidup?

Pastikan rangkaian regulator charger tidak rusak. Caranya lepas baterai. Cek tegangan pada kabel positif negatif pada baterai pada saat listrik ditancapkan. Normalnya harus keluar tegangan kurang lebih 6V. Jika tidak ada tegangan ganti trafo.

Beberapa model rangkaian lampu charge ada yang menggunakan elektronik atau biasa disebut switching power supply. Cek semua komponen yang ada. Jika kesulitan ganti pakai trafo biasa 1A atau menggunakan milar 224nf/400v diparalel Resistor 1M kemudian diseri dengan 4 buah diode IN4007 sebagai penyearah.

Jika regulator normal lampu tetap tidak mau hidup. Berarti ada kerusakan komponen pada rangkaian inverternya. Penyebab kerusakan bisa kapasitor, transistor, diode, diode zener, resistor, dan saklar.

Lakukan pengecekan satu persatu komponen itu. Jika komponen tidak ada yang rusak. Ganti saja semua elco yang ada dengan yang baru. Meskipun pengecekan normal. Karena elco yang bermasalah bisa menyebabkan lampu tidak menyala.

Cek jalur PCB biasanya ada yang korosif dan putus. Untuk yang satu ini anda harus teliti. Karena jalur PCB yang putus kadang tidak terlihat.

Cek kabel koneksi jika ada yang putus. Kabel putus kadang tidak terlihat. Kelihatannya bagus diluar tapi dalamnya putus.lampu charge

0 Response to "CARA MEMPERBAIKI LAMPU EMERGENCY"

Post a Comment